Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang "Bentar bentar Share" dan kita tahu sekarang ini betapa besarnya "Power Of Share" tersebut, kalau mengutip kata kata bijak "Sebarlah kebaikan maka akan mendapatkan kebaikan pula" mudah mudahan kita bisa melakukannya dengan baik.

Pada tanggal 03 November 2017 lalu saya mendapatkan berita dari group Whatsapp yang memberikan informasi yang kurang lebih seperti ini "Waspadai putra/putri anda bahwa sekarang aplikasi tersebut terdapat konten nakal, Dengan mengetik kata Bla Bla Bla maka akan tampil". Wah saya kaget kok bisa ya? walaupun saya belum mencari tahu juga bagaimana caranya lihat konten tersebut.

Setelah 2 hari kemudian Yes.. saya penasaran juga untuk cari tahu, ini dikarenakan saya punya beberapa group Whatsapp dan hampir semua group share berita yang sama bahkan di televisi juga dibahas. Yang lucu saya tanya sama yang share bagaimana cara liatnya? Sssst ternyata dia ga tau caranya, 😁😁😁 (oh iya lupa diakan share doang). saya search keyword tersebut horee saya berhasil keluarlah konten tersebut walaupun menurut saya sih tidak begitu gamblang dari apa yang saya tangkap digroup yang saya terima (mungkin saya dewasa ya Hehehe) tapi bukan berarti ini layak juga.

Sebenarnya ada yang cukup menggelitik dari informasi tersebut bagaimana caranya hanya mewaspadai Whatsapp yang ada konten dewasa kepada putra/putri kita. Padahal yang jelas-jelas aplikasi pencarian (browser) yang ada di gadget kita bisa menelusuri gambar atau video dengan mengetik keyword yang sedang kita khawatirkan maka akan tampil juga lebih banyak dan sangat berbahaya berarti kita perlu waspada juga dong.

Oh iya sebelumnya terima kasih juga buat KOMINFO yang sudah merespon hal ini kepada Whatsapp secara langsung mudah mudahan komunikasi yang ditempuh bisa ditindaklanjuti lebih jauh.

Cara Mengatasi

Lalu kalau begitu harus bagaimana solusinya? yang paling sederhana jangan kasih akses atau jangan kasih gadget 😀😀 biar main petak umpet atau ular tangga saja Hehehe Becanda ya... ada banyak aplikasi di Playstore/ Appstore mulai dari yang Gratis sampai yg berbayar kita bisa manfaatkan. Saya ambil contoh aplikasi dari Playstore yaitu Kids Place - Parental Control pada aplikasi ini orang tua bisa menentukan hak akses untuk putra/putrinya.


Setelah di konfigurasi dan orang tua bisa tenang karena putra/putrinya tidak bisa berselancar dengan bebas dengan gadget yang di pegang. Tapi ini bukan juga solusi yang paling ampuh, karena kalau digunakan oleh putra/putri kita yang kategori anak anak mungkin mereka hanya pasrah saja, tapi bagaimana kalau yang sudah ABG? 😀😀😀 dan gadgetnya sudah menjadi pegangan pribadinya? pasti tidak semudah itu. karena perlu pengawasan extra. selain mereka memang membutuhkan akses lebih mulai dari cari materi sekolah, tugas sekolah dll.. dan mereka juga biasanya sudah cukup handal dalam mengoperasikan gadgetnya.
Jadi intinya kita tidak bisa menyerahkan pengawasan terhadap akses internet hanya dari KOMINFO saja orang tua pun sangat berperan dalam pengawasannya. 
Jika ingin berperan aktif dalam mendukung internet sehat bisa cek TrustPositif

Salam,
Dreedix


0 komentar:

Post a Comment