Tanggal 26 -27 Agustus 2017 kemarin saya ikut kegiatan Fun Offroad dan Camping bersama komunitas Suka Suka 4x4 ke daerah Cigudeg sampai Cikidang dan lanjut memasuki kawasan Kasepuhan Cipta Gelar Sukabumi Jawa Barat, Sebenarnya ini bukan pertama kali saya ikut Offroad bersama mereka mulai dari acara ngopi-ngopi santai sampai melewati jalur yang cukup extreme. Nah untuk kegiatan Fun Offroad ini di ikuti dari 7 kendaraan berjenis Jip 4x4 tentunya ada 6 kendaraan jenis Suzuki Jimny dan 1 kendaraan jenis Taft Diesel.
Sesuai dengan namanya Fun Offroad tentunya selama perjalanan tidak banyak melewati jalur-jalur yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, tetapi memang karena perjalanan cukup panjang dan memakan waktu sampai hampir 3 malam tentunya cukup menguras tenaga namun ketika mendapatkan lokasi untuk sejenak beristirahat dan di isi dengan keceriaan dengan minum kopi bersama di kawasan hutan disitu pula kita kembali melakukan recharge kondisi fisik.
Setelah melewati gunung Halimun dan memasuki jalur Cikidang Sukabumi akhirnya kami memutuskan untuk melanjutkan bermalam di daerah Citarik Sukabumi dan situlah kita membuka tenda untuk camping dan benar-benar melakukan istirahat dengan cukup karena besok paginya kami harus melanjutkan perjalanan ke daerah CiptaGelar yang berdasarkan informasi jarak tempuh bisa sampai 30 Km.

Kasepuhan Cipta Gelar 

Selama ini saya hanya mendengar namanya belum pernah terbayang seperti apa suasananya, konon daerah berada di tengah pegunungan dan perkampungannya masih cukup asri, tetapi sebelum memasuki daerah Cipta Gelar kami melewati Kasepuhan Sinar Resmi dan mulai terasa suasana banyaknya lumbung padi di sepanjang jalan atau biasa di sebut Leuit. Jarak antara Kasepuhan Sinar Resmi menuju Kasepuhan Cipta Gelar bisa mencapai 15 Km tentunya sepanjang jalan kami disuguhkan suasana alam yang luar biasa indahnya ditambah dengan kehangatan warga dengan sangat bersahaja.

Leiut / Lumbung Padi


Ada yang cukup membuat saya terheran heran yaitu tentang lumbung padi yang mereka jaga yaitu tabu buat mereka untuk menjual padi yang mereka simpan. Dan Leuit bagi warga Cipta Gelar bukan hanya sekedar gudang untuk menyimpan padi namun sebuah simbol penghormatan kepada Dewi Sri (Dewi Penguasa dan Pemelihara Padi).
Selain Lumbung Padi yang merupakan simbol yang cukup kharismatik desain rumah disana pun sangat unik yaitu dinding rumah terbuat anyaman dengan atap dari ijuk benar benar masih menyatu dengan alam.
Ternyata ketika kita melakukan Offroad tidak melulu bicara tentang spesifikasi kendaraan, seberapa extreme jalurnya tapi ada hal hal yang membuat kita sadar bahwa Indonesia itu sangat indah dan sangat kaya akan kebudayaan dan alamnya.
Berikut beberapa suasana yang sempat terdokumentasi selama perjalanan.




0 komentar:

Post a Comment