Buat penghobi Jip sepertinya menjadi sebuah impian jika sebuah kendaraannya ingin terlihat lebih gagah atau Offroad Style, khususnya buat kendaraan yang dijuluki Little Jip seperti Suzuki Jimny seri LJ, SJ maupun Katana yang memang secara standar pabrikan tidak dilengkapi dengan ban berukuran besar, beruntung jika yang dimiliki seri LJ80 maupun SJ410 yang sudah dilengkapi dengan penggerak 4 roda atau biasa di sebut 4WD / 4x4 tetapi jika yang dimiliki jenis Katana harus banyak mengorbankan waktu dan biayanya.
Dengan harga yang cukup bersahabat jika di sandingkan dengan kendaraan jenis Jip tentunya Jimny Katana akan menjadi pilihan tetapi kondisinya bisa dibilang tidak gagah akhirnya memutuskan mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar, nah... disinilah godaan itu dimulai!! ya bagaimana tidak? Secara desain pabrik sudah di sesuaikan spesifikasi oleh para ahlinya jadi jika ada perubahan yang cukup exteme beberapa penyesuaian perlu di hadapi oleh pemilik kendaraan.
Suzuki Katana (pic google.com)

Ban Besar

Ban mentok saat dibelokan maka penyesuaian dengan meninggikan suspensi dengan menambah anting per dan memajukan dudukan bemper depan bahkan dengan menambah spacer pada roda agar ban tidak mentok pada saat belok atau mengganti velg dengan negative offset biasa disebut velg celong solusi ini agar ban lebih keluar dari sisi body.

Over Fender

Setelah mobil Jip kita terlihat gagah dengan ban besar dan memiliki ground clearance yang cukup tinggi ternyata ada kendala lagi karena tadi sudah menggunakan velg offset atau velg celong membuat ban lebih keluar tentunya sangat tidak nyaman jika sedang melewati jalan yang becek karena kotoran dari ban akan dengan bebas menempel ke sisi body dan body menjadi cepat kotor apalagi mobil dipakai untuk harian, bisa bisa cuci mobil setiap hari. solusinya dengan memasang over fender agar kotoran dari ban bisa teratasi, ada beberapa pilihan over fender yang mau dipakai bisa dengan membeli produk jadi atau membuat sendiri dari bahan karet lebaran yang di modifikasi sedemikian rupa supaya tetap terlihat proporsional bahkan dengan membuat dari plat dan ditempelkan ke body mobil tp untuk yang satu ini saya sarankan serahkan ke bengkel supaya bisa maksimal.

Off-Road

Dengan tampang Jip yang sudah ok akhirnya mulai tertarik untuk ikut offroad bersama teman-teman yang ketemu di bengkel atau komunitas yang hobi offroad mulai dari fun offroad sampai light offroad, tapi lagi lagi ada yang bikin dirasa kurang karena kendaraan kita sangat susah payah melewati jalur dibanding kendaraan teman yang lain. beruntung jika Jip sudah di lengkapi dengan fasilitas 4x4 tapi kalau belum anda harus mengeluarkan budget lagi untuk memasang alat tersebut, tetapi walaupun sudah ada fasilitas 4x4 bukan berarti sudah cukup karena dengan memasang ukuran ban yang lebih besar tentunya tenaga kendaraan akan lebih terkuras di jalur tertentu alhasil tawaran mengganti Final Gear atau transfer case dengan yang lebih low agar bisa melewati tantangan di jalur offroad dengan nyaman. jika kita hobi tentunya tawaran itu bukan masalah untuk di terima dan terpasang lah Final Gear low daripada bawaan aslinya.

Winch Electric dan Safety

Nah sekarang sudah cukup nyaman jimny kita nanjak ok harian asik dan mulai sering ikut bersama teman teman yang hobby offroad tapi karena yang dilintasi adalah alam terbuka dimana faktor cuaca dan kondisi jalur yang tidak bisa di atur oleh kita ada beberapa kebutuhan atau fasilitas yang perlu di lengkapi lagi. Wah wah wah... ada lagi ternyata? Yup betul ada benda yang namanya winch dan safety. kalau sudah menemukan jalur yang cukup berat yang tidak cukup dilewati dengan nge-gas saja dan butuh bantuan winch supaya bisa dilewati, kalau kata senior di SUKA SUKA 4x4 "No Winch Big Problem". Satu lagi faktor yang sangat wajib di perhatikan yaitu Safety mulai dari memasang Roll Bar atau Roll Cage dan safety belt khusus tentunya rasa nyaman dan aman buat para driver semakin mendukung.

Begitu adanya ketika melakukan modifikasi Jip dengan konsep sambil jalan pastinya akan sangat terasa dan menguras tenaga, hati dan isi dompet tentunya. tapi kalau sudah jatuh hati tidak jadi masalah. Mungkin berbeda dengan orang yang memang profesional dibidang tersebut pastinya mereka melakukan konsep secara matang dalam melakukan modifikasi karena mulai dari budget dan tujuan sudah di pikirkan secara matang.




0 komentar:

Post a Comment