Punya Social Media, Whatsapp Group, BBM Group atau semacamnya? Dijaman sekarang bukan hal aneh lagi mungkin jd kebutuhan, kamu salah satu yang aktif di Group Whatsapp, kadang kadang aktif atau hanya silent reader? Saya sendiri ikut beberapa group mulai dari Group Keluarga, Group Hobby, Group Alumni, Group Kerja, Group Warga/Lingkungan bahkan Group Religi. Kalau dilihat frekuensi aktifitas saya di beberapa Group tersebut Group Hobby lah yang cukup aktif lalu Group Keluarga dan yang menjadi silent reader adalah Group Religi. Nah khusus di group yang satu ini tentunya saya sangat hati-hati sekali maklum keilmuan saya untuk yang satu ini bisa dibilang kurang sekali.

Suka Duka ikut banyak Group

Selain saya juga bisa banyak dapat informasi teman bahkan relasi baru tetapi ada beberapa hal yang menurut saya jadi kurang nyaman dalam group Whatsapp :

  • Menerima berita/informasi diluar konteks group tersebut, sebagai contoh group WA tentang otomotif tapi didalamnya ada saja orang yang sangat rajin melakukan share soal politik dengan menggebu-gebu dan ketika di tegur langsung left group.
  • Menerima berita yang sudah basi, memang tidak bisa disalahkan mungkin tujuannya baik mau berbagi berita/informasi tapi ya tolong dong di crosscheck dulu biar tujuannya tercapai.
  • Menerima kiriman gambar tanpa menjelaskan apa arti gambar tersebut misalkan ada seseorang mengirim gambar kecelakan jalan raya lalu si pengirim seolah olah menghilang dari group.
  • Copy Paste dalam memberikan ucapan, mungkin kalau ucapan untuk hal yang menyenangkan seperti Ulang Tahun, Kelulusan, Dll tidak terlalu masalah, tapi jika tentang hal yang bersifat duka atau musibah waduh anda sehat?? kalau di analogikan dengan salaman berarti anda sedang meminjam tangan orang pertama salaman dengan orang yang sedang berduka.
  • Melakukan pertanyaan yang sebenarnya sangat mudah di cari sendiri dan lebih bisa membahas hal lain. Misalnya ada yang menanyakan hasil sebuah pertandingan yang sudah terjadi "Berapa skor antara Klub A vs Klub B kemarin ya?" 
  • Memotong pembicaraan di group, seperti kita tahu sekarang Whatsapp sudah ada fasilitas Quote jadi kalau mau menjawab pertanyaan yang sudah terlewat bisa menggunakan fasilitas itu, jadi member group yang sedang berkomunikasi tidak kaget dengan jawaban yang menjadi tidak nyambung kalau dibaca
Dari beberapa hal diatas sebenarnya yang paling menggelitik yaitu orang yang punya kebiasaan "Bentar bentar Share" yang penting dia eksis seakan akan dia sedang mendapat tugas live report dalam kehidupannya tapi yang bahaya dari kebiasaan seperti itu adalah suka lupa berita/informasi apa yang pantas di share kedalam sebuah group, ini mirip seperti kamu sedang menceritakan tangga lagu musik rock di konser dangdut dimana para penonton sama sekali tidak peduli dengan informasi tersebut.
Saran buat yang sering melakukan share di group :
  1. Jangan Hit and Run, Share lalu hilang
  2. Terbuka untuk berdiskusi bukan berdebat di WA saja
  3. Pilih informasi yang tidak merugikan orang, kelompok tertentu. Soalnya ada UU yang menjamin itu
 Tapi ini hanya opini saya saja bisa salah atau bisa juga benar adanya, mudah mudahan kita semua bisa bebagi hal yang baik yang tidak hanya didunia maya tapi didunia nyata.


0 komentar:

Post a Comment